Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi Pada Tubuh

Mahessa Update | Sebelum kita membahas cara menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh kita, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang di maksud dengan kolesterol itu. 

 sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang di maksud dengan kolesterol itu CARA MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL TINGGI PADA TUBUH

Menurut wikipedia, Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan di sirkulasikan dalam plasma darah. Ini juga merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol ialah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang mempunyai unsur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon.


Hiperkolesterilemia berarti bahwa kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah dan hal ini sanggup menjadi pemicu banyak sekali jenis penyakit. Akan tetapi, tidak semua kolesterol berdampak jelek bagi tubuh. Hanya kolesterol yang termasuk dalam katagori LDL saja yang berakibat jelek bagi tubuh sedangkan jenis kolesterol HDL merupakan kolesterol yang sanggup melarutkan kolesterol jahat dalam tubuh. Batas normal kadar kolesterol dalam tubuh ialah sekitar 160-200 mg. 

Penyebab Kadar Kolesterol Tinggi Pada Tubuh

Banyak faktor yang menimbulkan kolesterol tinggi, salah satunya ialah gaya hidup yang tidak sehat.

Berikut penyebab tingginya kadar kolesterol pada tubuh berdasarkan aldodokter.com.
  • Kebiasaan mengkonsumsi masakan yang tidak sehat yang mempunyai kadar lemak jenuh tinggi mirip mentega, kunimg telur, biskuit, keju, krim atau santan.
  • Kurangnya berolahraga atau beraktivitas. Kondisi ini juga sanggup meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  • Merokok. Dalam rokok ditemukan sebuah zat kimia yang disebut akrolein. Zat ini sanggup menghentikan acara HDL atau kolesterol baik untuk mengangkut timbunan lemak dalam tubuh menuju hati untuk dibuang, sehingga sanggup terjadi penyempitan arteri atau aterosklerosis.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol. Kebiasaan ini sanggup meningkatkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah.
  • Obesitas.
  • Memiliki penyakit tertentu mirip hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, kelenjartiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), liver, ginjal. Mengobati penyakit ini sanggup menurunkan kadar kolesterol tinggi.
  • Pertambahan usia. Saat usia tua, resiko kadar kolesterol tinggi yang memicu arterosklerosis juga semakin besar.
Tanda-Tanda Anda terkena Kadar Kolesterol Tinggi

Setiap orang seharusnya mempunyai kadar kolesterol antara 16o-200 mg. Jika sudah melebihi angka 240 mg, kadar kolesterol Anda sudah termasuk kedalam fase berbahaya yang bahkan sanggup menjadikan penyakit stroke, jantung sampai kematian.  


Berikut gejala kadar kolesterol tinggi dan terbilang cukup parah.

Gampang kesemutan

Biasanya kesemutan terjadi lantaran duduk yang terlalu usang dan sering mengalami kesemutan.merupakan gejala kadar kolesterol Anda tinggi. Jika hal ini terjadi segeralah melaksanakan investigasi lebih lanjut. 


Gampang Mengantuk


Mengantuk tanggapan kurang tidur ialah hal yang sudah biasa. Tetapi bagaimana kalau Anda sudah melaksanakan tidur yang cukup tapi masih simpel mengantuk? Kondisi ini sanggup terjadi tanggapan kurangnya suplai oksigen ke otak yang terjadi tanggapan endapan kolesterol yang cukup tinggi pada terusan darah Anda.  

Pundak atau tengkuk terasa pegal dan kaku
 sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang di maksud dengan kolesterol itu CARA MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL TINGGI PADA TUBUH
Orang yang mengalami kadar kolesterol tinggi biasanya akan mengalami pegal dan kaku pada area bahu dan tengkuk. Kondisi ini disebabkan oleh munculnya tekanan darah tinggi yang muncul secara bersamaan.

Kaki dan Tangan terasa nyeri atau linu

Selain mengalami pegal dan kaku pada bahu atau tengkuk, orang yang mengalami kolesterol tinggi juga akan mengalami rasa sakit pada kaki kaki dan tangan. Apabila Anda mengalami kondisi mirip ini segeralah melaksanakan pemeriksaan. 

Pusing di kepala potongan belakang

Kepala terasa berat pada potongan belakang Anda juga wajib Anda waspadai tanggapan kadar kolesterol yang terlalu tinggi pada tubuh Anda. Kolesterol sanggup menyumbat pembuluh darah di sekitar otak yang apabila tidak segera di atasi sanggup berakibat fatal yaitu pecahnya pembuluh darah yang sanggup menimbulkan penyakit Stroke.

Kuku kecokelatan dan menebal

Akibat terganggunya sirkulasi darah tanggapan kadar kolesterol tingg, maka kuku kaki atau tangan juga akan mengalami perubahan mirip menebal, berwarna kecokelatan dan tidak sanggup tumbuh. Hati-hatilah kalau Anda mengalami hal mirip ini. 


Badan terasa nyeri dan kram ketika berdiri tidur.

Saat berdiri tidur, tubuh terasa tidak nyaman dan terasa nyeri dan kram. Namun rasa itu segera menghilang ketika kita menggerakan anggota tubuh. Kondisi ini patut di waspadai tanggapan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh Anda.

Nyeri Pada Dada

Ciri-ciri terakhir orang yang mengalami kadar kolesterol tinggi ialah sering mengalami nyeri pada dada. Nah, kalau Anda mengalami kondisi mirip ini segeralah melaksanakan investigasi supaya tingkat kadar kolesterol tidak menjadi semakin tinggi.

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi Pada Tubuh

Selain kadar kolesterol yang tinggi sanggup diturunkan dengan dengan simvastatin, tetapi sivastatin mempunyai imbas samping sanggup menimbulkan katarakatau memperburuk katarak bagi mereka yang sensitive terhadap obat ini. Anda juga sanggup memakai Atorvastatin yang lebih sedikit imbas sampingnya. Selain kedua obat diatas, Anda juga sanggup menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dengan cara mengkonsumsi masakan atau minuman dibawah ini,

Jeruk Nipis

Minumlah air jeruk nipis setiap pagi dan malam hari lantaran jeruk nipis kaya akan flavonoid yang berindak sebagai antioksidan yang sangat berpengaruh yang sanggup membantu tubuh Anda dari radikal bebas. terutama molekul yang sanggup merusak sel-sel sehat. 

Jus Anggur

 sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang di maksud dengan kolesterol itu CARA MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL TINGGI PADA TUBUH

Kandungan anti-oksidan peceatannol dan resveratrol sanggup menghasilkan fitonutien pada buah Anggur. Hal ini telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Anggur sendiri banyak mengandung flavonoid yang tentu saja sanggup bertindak sebagai anti-oksidan yang sanggup menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh Anda.

Jus Jambu Merah

Jambu Merah banyak mengandung anti-aksidan yang tinggi buat tubuh Anda mirip fitonutrien, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium dan lain sebagainya. Maka dari itu mulai kini minumlah Jus Jambu Merah secara rutin.

Kulit Manggis

Selain buahnya yang terasa manis dan nikmat untuk dikonsumsi, Kulit Manggis juga mempunyai banyak khasiat buat tubuh kita yang salah satunya adalag sanggup menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi pada tubuh Anda.
Kulit Manggis banyak mengandung xanthone yang merupakan materi aktif sebagai zat anti-kankier dan anti-oksidan. 

Bekatul

 sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang di maksud dengan kolesterol itu CARA MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL TINGGI PADA TUBUH


Apakah Anda tahu dengan Bekatul? Bekatul merupakan sisa penggilingan padi kedua ketika padi digiling ketika kulit padi terpisah dari kulitnya. Bekatul mempunyai kandungan tokotrienol yang sanggup menghambat kerja enzim yang sanggup menimbun kolesterol di tubuh. Bekatul juga merupakan sumber serat pangan yang baik untuk mempelancar pencernaan.

Caranya ialah kukus bekatul selama sekitar 30 menit kemudian keringkan dan siap untuk dikonsumsi atau Anda sanggup dengan cara disangrai tanpa minyak selama sekitar 10 menit yang kemudian Anda konsumsi. 

Olahraga

Telah banyak yang mengambarkan bahwa selain sanggup menyehatkan tubuh, dengan berolahraga secara teratur juga sanggup meningkatkan kadar kolesterol baik. Olahraga ringan mirip bersepeda, jalan sehat, jogging, berenang secara rutin dan teratur kadar kolesterol baik Anda akan meningkat dan sanggup membunuh kolesterol jahat pada tubuh Anda.

Nah itulah Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi pada tubuh Anda, Semoga bermanfaat. 




     

0 Response to "Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi Pada Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel