Fosil Bunga Tertua Di Dunia Berusia 174 Juta Tahun Ditemukan

Mahessa Update | Fosil Bunga Tertua di Dunia yang berjulukan nanjinganthus dendrostyla yang hidup lebih dari 174 juta tahun yang kemudian ditemukan oleh para peneliti di wilayah Nanjing, Cina. Para peneliti menemukan banyak spesimen-spesimen fosil bunga yang kemudian mereka analisis dengan mikroskop bertenaga tinggi menyerupai yang kami lansir dari laman LiveScience.com.

Baca Juga : Penemuan Spesies Fosil Reptil Baru Di Laut Skotlandia Berusia 170 Juta Tahun


 juta tahun yang kemudian ditemukan oleh para peneliti di wilayah Nanjing FOSIL BUNGA TERTUA DI DUNIA BERUSIA 174 JUTA TAHUN DITEMUKAN

Fosil tanaman berbunga tertua di dunia (kiri), dengan ilustrasi menyerupai apa kira-kira 174 juta tahun yang kemudian (kanan).
Sumber: Fu et al, 2018 / CC BY lisensi 4.0, NIGPAS 

Sampai dikala ini, bukti fosil bunga tertua di dunia yang diterima secara luas dari tanaman berbunga yang juga dikenal sebagai angiosperm yang berasal dari periode cretaceous atau sekitar 130 juta tahun yang lalu. Sementara berdasarkan sebuah penelitian dengan memakai model komputer memperkirakan bahwa bunga telah berevolusi semenjak 140 juta tahun yang lalu.

Baca Juga : Arkeolog Sangsikan Penemuan Fosil Ular Berkaki Empat

"Walaupun para peneliti tidak yakin di mana dan bagaimana bunga muncul, sebab sepertinya banyak bunga tumbuh di kapur entah dari mana", kata pemimpin penulis Qiang Fu, seorang profesor peneliti di Institute Geologi dan Paleontologi Nanjing di Cina. "Mempelajari Bunga Fosil, terutama yang berasal dari periode geologis sebelumnya, ialah satu-satunya cara yang sanggup dipercaya untuk mendapat pertanyaan-pertanyaan ini,".  

Untuk menggambarkan bunga purba, Fu dan koleganya menilik 264 spesimen dari 198 bunga purba yang diawetkan dalam lempengan batu. Lembaran ini berasal dari Formasi Xiangshan Selatan, Daerah berbatu di wilayah Nanjing Cina yang berisi Fosil Bunga Purba dari periode Jurassic Awal. Para peneliti banyak menemukan bunga purba secara terperinci, yang kemudian mereka analisis dengan miskroskop berdaya tinggi.

Bunga Purba mempunyai kelopak berbentuk sendok dan gaya tangkai yang keluar dari pusatnya menyerupai yang peneliti temukan pada fosil bunga tertua yang gres ditemukan ini.

Baca Juga : Tim Ilmuwan Temukan Fosil Gajah Berusia 8 Juta Tahun di Makedonia

Salah satu fitur utama angiospermae tiba dalam "angio-ovuly" atau ovula tertutup sepenuhnya - pendahulu benih, yang muncul sebelum penyerbukan terjadi. N. dendrostyla yang gres ditemukan ini mempunyai wadah menyerupai cangkir dan atap ovarium yang menyatu untuk menutup ovula dan biji. Struktur ini menegaskan bahwa fosil bunga yang gres ditemukan ini ialah angiospermae, kata para peneliti.

Beberapa peneliti pada studi ini juga mengambil potongan dalam studi tahun 2015 perihal fosil bunga tertua berumur 160 juta tahun. Namun spesimen yang dijuluki euantthus panii, kontroversial sebab ditemukan oleh seorang kolektor fosil amatir di Cina.

Para peneliti menyampaikan bahwa mereka berharap bunga N. Dendrostyla bahwa ini ialah pohon awal dari keluarga bunga. Para ilmuwan pun masih berusaha untuk mencari tahu apakah N. Dendrostyla ialah monofiletik yang merupakan potongan dari kelompok angiospermae awal yang memunculkan spesies bunga kemudian hari. atau polifiletik yang berarti buntu evolusi yang tidak ada hubunganya dengan bunga yang tumbuh setelahnya.

Baca Juga : Peneliti Temukan Fosil Tertua Di Bumi Berusia 3,7 miliar Tahun

"Asal undangan angiospermae telah usang menjadi misteri bagi para akademis bagi banyak jago botani," kara penulis senior studi Xin Wang, seorang profesor riset di Institute Geologi dan Paleontologi Nanjing, dalam pernyataanya. "Penemuan kami telah memajukan bidang botani dan akan memungkinkan pemahaman yang lebih baik perihal angiospermae yang pada giliranya akan meningkatkan kemampuan kita untuk secara efisien memakai dan menjaga sumber daya nabati planet kita".  


    

0 Response to "Fosil Bunga Tertua Di Dunia Berusia 174 Juta Tahun Ditemukan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel