Arkeologi Temukan Bunker Nuklir Soviet Di Polandia

MahessaUpdate | Berada cukup usang di hutan Polandia, Seorang arkeolog berjulukan Grzegorz Kiarszys berhasil menemukan sisa-sisa bunker nuklir Soviet yang telah kosong ditumbuhi semak belukar dan bunker cekung yang semuanya dibangun untuk bagan perang masbodoh untuk mengubah Blok Soviet menjadi persenjataan nuklir.

 Seorang arkeolog berjulukan Grzegorz Kiarszys berhasil menemukan sisa ARKEOLOGI TEMUKAN BUNKER NUKLIR SOVIET DI POLANDIA

Bunker Nuklir Soviet di Podborsko, Polandia yaitu bangunan satu lantai yang terkubur dibawah lapisan bumi yang tebal yang dibentuk oleh cetakan beton.
Sunber gambar: G. Kiarszys / copyright Antiquity Publications, Ltd.


Pada tahun 1960-an, Soviet membangun sebuah bunker besar di Polandia dan bungker ini tidak tampak di peta disembunyikan dengan sangat hati-hati semoga tidak terlihat oleh jasus musuh dari udara.

Tapi sekarang, bangunan-bangunan yang telah usang ditinggalkan ini mengungapkan beberapa diam-diam taktik militer Rusia selama Perang Dingin berlangsung.

Dokumen-dokumen Soviet dari periode waktu itu menggambarkan bahwa bunker ini merupakan sentra komunikasi. Meskipun bangunan-bangunan ini menghilang dari catatan resmi segera sehabis ini dibangun yang memang pada ketika itu Soviet telah membantah mempunyai senjata nuklir dimana saja di Polandia.


Tetapi pada alhasil para peneliti sanggup menginvestigasi dari situs-situs diam-diam ini dan menemukan tujuan utama dibangunnya bungker-bungker diam-diam di Polandia sebagai gudang untuk senjata nuklir.

Arkeolog Grzegorz Kiarszys, seorang profesor dari Institute Sejarah dan Hubungan Internasional di Polandia, telah melaksanakan ekplorasi mendalam pertama dari tiga dari akomodasi penyimpanan hulu ledak nuklir ini. Dengan menggali arsip gambar satelit yang tidak diklarifikasikan dan menganalisis pemindaian bangunan, Kiarzys menyatukan kiprah yang dimainkan di situs-situs diam-diam ini pada ketika ancaman perang nuklir antara negara-negara adikuasa terbesar dunia yang terlalu nyata. Dan temuan Grezegorz Kiarszys ini juga telah dipublikasikan dalam sebuah preview dari journal antiquity edisi Februari 2019 ibarat yang kami lansir dari laman LiveScience.com.

Penyimpanan Taktis

Untuk penelitian, Kiarszys melihat tiga akomodasi diam-diam yang ditinggalkan yang menyimpan senjata nuklir dan menampung personil militer. Satu di bersahabat kota Podborsko, satunya di dekata kota Brzezica Kolonia dan satunya lagi di bersahabat kota Templewo yang semuanya dibangun pada tahun 1960-an dan semua bunker senjata nuklir Soviet ini ibarat dengan yang dipakai Soviet selama masa periode itu untuk menyimpan senjata nuklir di Jerman Timur, Cekoslowakia, Hongaria dan Bulgaria,

 Seorang arkeolog berjulukan Grzegorz Kiarszys berhasil menemukan sisa ARKEOLOGI TEMUKAN BUNKER NUKLIR SOVIET DI POLANDIA




Ruang utama sebuah bunker di Podborsko.
Sumber gambar: G. Kiarszys / Copyright Antiquity Publications. Ltd. 

"Kekuatan hulu ledak nuklir di bungker ini cukup bervariasi dari sekitar 0,5 sampai 500 kiloton. Hulu ledak ini rencananya akan dipakai fi Front Utara, untuk invasi kepingan Jerman Barat dan Denmark," katanya. Jika suatu situasi menuntut penyebaran hulu ledak, mereka akan dibawa dengan memakai truk untuk dibawa ke lapangan terbang terdekat dan kemudian dipasang di kepala roket, terperinci Kiarszys lebih lanjut.



Polandia membiayai dan membangun tiga bunker sesuai planning yang dilakukan Uni Soviet untuk menuntaskan pekerjaan pada Desember 1969 dan mengalihkan kontrol bangunan ke pasukan Rusia. Dan sehabis itu hanya pasukan Rusia yang mempunyai saluran ke akomodasi itu," terperinci Kiarszys.

Karena planning dan peta dihancurkan dan situs dihapus dari catatan resmi, Kiarszys mengandalkan gambaran satelit CIA yang dideklasifikasi dan teknik penginderaan jauh modern untuk mendapat petunjuk perihal organisasi dan pemberian fasilitas, dan bagaimana hal itu berubah dari waktu ke waktu.

Rahasia yang terungkap

 Seorang arkeolog berjulukan Grzegorz Kiarszys berhasil menemukan sisa ARKEOLOGI TEMUKAN BUNKER NUKLIR SOVIET DI POLANDIA

Gambar kiri: Jalur patroli disekitar bunker diam-diam durekam dengan memakai pemindaian laser udara. Kanan: Pemindaian laser juga mengungkapkan sisa-sisa lapangan sepakbola dan lintasan lari di Brzeznica Kolonia. 

Foto penginderaan jarak jauh, pemindaian laser, survei lapangan dan pengintaian satelit mengungkapkan bahwa ada sejumlah bangunan yang sama di tiga lokasi berbeda dengan sejumlah besar benteng lapangan, parit, garasi mobil, pos pemeriksaan, titik pengamatan disekitar pangkalan. Setiap pangkalan mempunyai tiga zona utama dan yang paling penting yaitu area terbatas yang kemungkinan menampung bunker penyimpanan hulu ledak nuklir. Setiap bunker ini juga mempunyai area pengampunan sanksi dan barak dengan beberapa perumahan, kamar mandi, ruang serbaguna dan kebutuhan lainnya untuk kehidupan sehari-hari,

Tes suplemen untuk penelitian ini dilakukan di dalam bunker oleh fisikawan nuklir untuk menilik gejala radiasi nuklir. Namun, tidak ada kontaminasi yang terdeteksi yang mungkin disebabkan bunker ini mempunyai standart keamanan yang tinggi untuk penyimpanan hulu ledak nuklir Soviet.


Atau mungkin juga ruangan penampungan ini tidak pernah dipakai untuk tujuan yang dimaksudkan. dan senjata tidak pernah berada di bungker nuklir ini sama sekali, kata Kiarszys lebih lanjut.

Kiarszys juga menciptakan peta kompleks bangunan yang sepi dengan sangat terperinci yang kemungkinan besar dipakai untuk menampung tentara muda yang sedang menuntaskan pelatihan, petugas yang tidak ditugaskan dan petugas dengan keluarga mereka.

"Beberapa dekade pengabaian dan vandalisme telah merusak banyak bangunan di bunker nuklir Soviet ini. Dan temuan ini menggarisbawahi pentingnya melestarikan dan melindungi ini dari sisa-sisa perang dingin. Sebagai peninggalan zaman ketika orang hidup dibawah ancaman konstan perang nuklir. Meeka berfungsi sebagai pengingat yang serius untuk melindungi dari ancaman yang ditimbulkan oleh senjata nuklir sampai hari ini," kata Kiarszys.


0 Response to "Arkeologi Temukan Bunker Nuklir Soviet Di Polandia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel