Sukhoi Su 57 - Pesawat Tempur Siluman Generasi Kelima Tercanggih Rusia


 PESAWAT TEMPUR SILUMAN GENERASI KELIMA TERCANGGIH RUSIA SUKHOI SU 57 - PESAWAT TEMPUR SILUMAN GENERASI KELIMA TERCANGGIH RUSIA

MahessaBlog | Seperti pesawat tempur siluman generasi kelima lainnya F-22 Raptor dan F-35 Lightning II milik Amerika Serikat dan J-20 milik Cina, Rusia secara mengejutkan juga mengeluarkan pesawat tempur terbaru generasi kelima Su-57 yang merupakan pertarung generasi kelima pertama Rusia. Pesawat ini telah melaksanakan penerbangan pertamanya pada 29 Januari 2010, ketika terbang selama 47 menit dari pabrik pesawat Yuri Gagarin di Timur Jauh Rusia. Pesawat ini mempunyai teknologi siluman, radar yang besar lengan berkuasa dan kemampuan untuk melaju di atas kecepatan suara. 

Sukhoi Su-57 yaitu pesawat tempur siluman terbaru Rusia dari generasi kelima yang pada awalnya berjulukan PAK FA (Furure Frontline Aircraft System) sebagai pejuang superioritas udara, tetapi pesawat ini juga mempunyai kemampuan serangan darat sekunder yang dirancang untuk menggantikan pesawat tempur MiG-29 dan Su-27 yang sudah tua. Hal ini merupakan balasan atas Rusia untuk Raptor F-22 AS. 

 PESAWAT TEMPUR SILUMAN GENERASI KELIMA TERCANGGIH RUSIA SUKHOI SU 57 - PESAWAT TEMPUR SILUMAN GENERASI KELIMA TERCANGGIH RUSIA

Sukhoi Su-57 yang juga dikenal sebagai Prospective Airborne Complex of Frontline Aviation - PAK PA atau T-50 yaitu jet tempur siluman generasi kelima Rusia terbaru. Pesawat ini dirancang untuk menghancurkan semua jenis sasaran udara dan menyerang sasaran darat dan permukaan, memantau wilayah udara pada jarak jauh dari pangkalan penyebaran, menghancurkan markas besar musuh, pos komando, kontrol sistem musuh. Selain itu jet ini juga sanggup melibatkan banyak sekali senjata yang diarahkan dan yang tidak diarahkan termasuk rudal udara ke udara jarak pendek, menengah dan jarak jauh, rudal udara ke permukaan.

Selain dipersenjatai dengan senjata-senjata yang sangat mematikan, Pesawat tempur siluman Rusia ini  sanggup memantulkan dan menyerap bahan-bahan dan lapisan glider serta peperangan elektronik. Pantauan radar musuh akan tidak terlihat ketika senjata dibawa di dalam pesawat. Langkah-langkah melemahkan sinyal dan membelokannya dari sumber radar. Radar musuh tidak sanggup mendapatkan gosip wacana lokasi dan kecepatan pesawat.   

Pengembangan pesawat generasi kelima ini dimulai pada tahun 2001. Sebuah prototipe T-50 terungkap dan melaksanakan penerbangan pertamanya pada tahun 2010. Pada tahun 2014, prototipe pro-produksi dikirim ke Angkatan Udara Rusia untuk uji coba dan penilaian dan uji coba ini final pada tahun 2015. Pesawat ini direncanakan akan memasuki layanan pada 2017 - 2018 dan akan mencapai kemampuan operasional penuh pada tahun 2020. Namun pada tahun 2017 sumber resmi melaporkan bahwa pesawat itu belum siap untuk produksi skala penuh. Kemungkinan kemunduran ini terkait dengan duduk kasus teknis, pengembangan beberapa sistem pada dasarnya yang belum lengkap ibarat mesin, rudal dan elektronik gres serta duduk kasus pendanaan. 

Pada tahun 2017, PAK FA mendapatkan sebutan gres Sukhoi Su-57 reguler dan Angkatan Udara Rusia setidaknya akan mempunyai hingga 150-200 unit dari pesawat tempur siluman terbaru ini. Dan untuk sementara Angkatan Udara Rusia memerintahkan pesawat tempur multi tugas Su-35 sebagai pengganti sementara untuk sanggup dioperasikan hingga pesawat tempur siluman Su-57 tersedia. 

Pada tahun 2018 setidaknya 9 pesawat tempur siluman Su-57 dibangun termasuk prototipe dan pesawat tempur pra-produksi. Direncanakan pada tahun 2018, batch pertama dari 12 pesawat tempur siluman Su-57 akan dikirimkan ke Angkatan Udara Rusia. Faktanya pada tahun 2018 beberapa pesawat siluman Su-57 pra-produksi dikerahkan ke Suriah. Produksi skala penuh direncanakan akan dimulai pada tahun 2019.

Meskipun disebut sebagai pesawat tempur siluman dari generasi kelima, ada beberapa keraguan serius wacana hal ini. sebab beberapa pejabat militer AS menyebut pesawat siluman Su-57 hanya sebagai pejuang generasi maju. Rusia masih tertinggal dalam pengembangan, akuisisi dan penggunaan beberapa teknologi terbaru. Meskipun Sukhoi Su-57 sanggup mengurangi pendeteksian radar dan sejumlah perbaikan lainnya atas pesawat tempur multi tugas Sukhoi Su-35. 

Pengembangan pesawat tempur siluman Su-57 sebagian dibiayai oleh India yang juga berencana mempunyai 250 jet tempur generasi berikutnya yang dikenal sebagai HAL FGFA atau Fighter-Fighter Aircraft Generation. Direncanakan versi India akan berbeda dengan versi Rusia. Beberapa sumber melaporkan bahwa HAL FGFA akan mempunyai konfigurasi twin-seat.
 PESAWAT TEMPUR SILUMAN GENERASI KELIMA TERCANGGIH RUSIA SUKHOI SU 57 - PESAWAT TEMPUR SILUMAN GENERASI KELIMA TERCANGGIH RUSIA

Layanan pesawat tempur siluman ini umumnya konvensional. Su-57 memakai pembentukan siluman untuk membelokan gelombang radar. Persenjataan disimpan di teluk senjata internal yang tidak akan membahayakan teknologi siluman radarnya. Secara keseluruhan radar ini kurang terlihat kalau dibandingkan dengan pesawat tempur Rusia sebelumnya.

Pesawat tempur siluman Su-57 ini memakai dua mesin Saturn 117S (AL-41F1S) yang menghasilakn 142 Kn dorong pada Afterburning dan 86,3 Kn kering. Mesin ini juga dipakai pada pesawat tempur Sukhoi Su-35S. Spesifikasi yang sempurna dari mesin gres ini tidak diketahui namun beberapa sumber mengklaim bahwa mesin gres ini menghasilkan 175 Kn daya dorong sesudah pembakaran. Su-57 bisa terbang dengan kecepatan supersonik tanpa memakai afterburnernya.

Dua teluk senjata internal besar dipasang gotong royong di antara mesin. Ada juga dua sidebays untuk rudal udara ke udara jarak pendek. Pesawat tempur siluman terbaru Rusia ini dipercaya bisa membawa hingga 7.500 Kg persenjataan. Pesawat tempur ini mempunyai 10 hardpoint internal dan 6 eksternal untuk R-74M dan rudal udara ke udara R-77M, Rudal udara ke permukaan Kh-38M, Kh-31AD dan Kh rudal anti radiasi 35U, rudal anti radiasi Kh-31PD dan Kh-58UShK, KAB-250, KAB-500 dan bom berpandu KAB-1500. Selain itu Sukhoi Su-57 juga bisa membawa rudal jelajah yang diluncurkan BRAHMOS NG segera sesudah tersedia.

Pesawat tempur siluman Su-57 juga dilengkapi dengan meriam 30 mm barel tunggal. Senjata ini mempunyai laju tembakan 1.500 per menit.    


Editor: Rey Mahessa
Sumber: Military-Today.com
   

0 Response to "Sukhoi Su 57 - Pesawat Tempur Siluman Generasi Kelima Tercanggih Rusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel