Yareta, Tanaman Berusia 3.000 Tahun


 dalam bahasa Spanyol ialah tumbuhan berbunga dari familia Apiaceae orisinil dari Amerika Sel YARETA, TANAMAN BERUSIA 3.000 TAHUN


MahessaBlog | Yareta (azorella compacta) yang juga dikenal sebagai "Llareta" dalam bahasa Spanyol ialah tumbuhan berbunga dari familia Apiaceae orisinil dari Amerika Selatan. Tanaman ini tumbuh di padang rumput Puna yang terletak di Pegunungan Andes, Peru, Bolivia, bab utara Chili dan bab barat Argentina pada ketinggian 3.200 dan 4.500 mdpl dimana ngin bertiup tanpa henti. Untuk tetap bertahan hidup pada kondisi ekstrim, Yareta tumbuh pada bungkusan yang sangat padat sehingga batangnya sanggup seberat ukuran manusia. 

 dalam bahasa Spanyol ialah tumbuhan berbunga dari familia Apiaceae orisinil dari Amerika Sel YARETA, TANAMAN BERUSIA 3.000 TAHUN

Tanaman ini merupakan tumbuhan parenial yang daunnya selalu hijau (everygreen). Sementara bunganya berwarna merah muda atau lembayung muda. Bunga ini melaksanakan pembuahan sendiri (hemafrodit) dan penyerbukkannya melalui pemberian serangga.


Tanaman ini lebih menentukan tanah berpasir dan kering walaupun sanggup juga tumbuh di tanah yang miskin zat hara yang bersifat asam, netral atau basa. Yareta mengikuti keadaan untuk hidup dalam paparan sinar matahari atau insolasi tingkat tinggi khas dataran tinggi Andes dan tidak sanggup tumbuh di daerah yang teduh. 

Daun tumbuhan ini tumbuh ibarat semacam tikar atau hamparan sangat padat yang membantu mengurangi kehilangan panas. Tikar ini tumbuh di dekat tanah dimana suhu udara satu atau dua derajad Celcius lebih tinggi dari suhu udara rata-rata. Perbedaan suhu ini ialah hasil radiasi gelombang panjang yang dipancarkan ulang oleh permukaan tanah (yang biasanya berwarna abu-abu gelap hingga hitam di Puna).

Hal lain yang sanggup dipelajari dari Yareta untuk tetap bertahan hidup di Pegunungan Andes yang tidak erat ialah tumbuhnya sangat lambat, hampir pada kecepatan geologis 1,5 centimeter per tahun. Banyak Yareta yang tumbuh di Pegunungan Andes berusia hingga 3.000 tahun.

 dalam bahasa Spanyol ialah tumbuhan berbunga dari familia Apiaceae orisinil dari Amerika Sel YARETA, TANAMAN BERUSIA 3.000 TAHUN

Karena Yareta tumbuh dilahan yang kering dan padat, ia sanggup terkena sinar matahari dengan sangat baik, Seperti juga Gambut yang secara tradisional sanggup dipanen untuk materi bakar. Jumlah Yareta yang hilang menjadi sangat signitifkan sehingga sangat mengancam keberadaan tumbuhan ini. 


Namun kini Yareta ialah spesies yang dilindungi dan menjadi penanam yang lambat dan berdasarkan IUCN, Yareta merupakan salah satu spesies tumbuhan yang terancam punah.

 

0 Response to "Yareta, Tanaman Berusia 3.000 Tahun"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel